Wabah Virus ASF, Teras Narang Minta Pemerintah Daerah Bantu Peternak Babi


TUYANGISSUE.ID, KALTENG – Wabah virus African Swine Fever (ASF) yang menyerang ternak babi di   Kalimantan Tengah mendapat perhatian senator atau anggota DPD RI asal Kalteng Agustin Teras Narang. Ia meminta pemerintah daerah harus hadir dan membantu para peternak dalam mengatasi permasalahan penyebaran virus ASF.

“Teknis penanganan itu menjadi kewenangan pihak terkait. Terpenting, ada bantuan yang diberikan kepada para peternak dalam menghadapi virus ini” jelasnya

Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini menilai, dampak  luar biasa dirasakan para peternak babi akibat ASF. Tidak sedikit peternak yang mengalami kerugian besar. Ratusan  ternak babi mati akibat terpapar virus ganas ini

“Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kalteng, ada ratusan ekor babi yang mati akibat serangan ASF ini. Informasinya terdapat bahan atau serum yang dapat diuji coba untuk dijadikan vaksin, mengapa tidak diuji coba di Kalteng. Bahan uji coba ini terdapat di Fakultas Peternakan Universitas Udayana, dan Pemerintah Kalteng dapat bekerja sama dalam melakukan uji coba” urainya.

Di Indonesia ada begitu banyak masyarakat yang beternak babi, termasuk di Kalteng. Oleh karena itu, dengan  merebaknya virus ASF atau demam babi ini, Teras menyarankan agar pemerintah dapat menetapkan wabah ini sebagai bencana nasional, khususnya di Kalteng. Dengan demikian pemerintah memiliki perhatian yang serius atas wabah ini dan dapat memberikan bantuan kepada para peternak.(*)

Baca Juga : Ibu Kota Baru, Jaminan Tatanan Wilayah Adat Tak Tergerus Komersialisasi?