Stepanus Madang Minta Badan Usaha Milik Kampung Berpartisipasi Dalam Kegiatan Ekonomi Kreatif Daerah

TUYANGISSUE.ID, MAHULU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mahakam Ulu ( Mahulu) Stepanus Madang  mendorong agar  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang membidangi ekonomi kreatif daerah, koperasi dan UMKM serta Badan Usaha Milik Kampung di Mahulu bersinergi membina dan mengembangkan  kapasitas pelaku usaha kecil menengah dan koperasi. Hal itu dikatakan Stepanus   usai menghadiri acara Grand Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kaltim Tahun 2021di di Plenary Hall Convention Center Samarinda, Selasa (12/10).

Stepanus   sangat terkesan dengan dukungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan pengembangan UMKM dan pelaku usaha di desa/ Kampung. Ini terbukti dengan hadirnya Luhut Binsar Panjaitan untuk meresmikan secara langsung acara Gernas BBI.

“Ini mungkin dapat memotivasi kita di Mahulu untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha – usaha  yang berbasis badan usaha milik kampung, mungkin potensi sumber daya lokal itu dapat dikelola dengan baik dan dilakukan pembinaan dapat juga dipromosikan melalui Smexpo”, kata Stepanus.Ia memastikan jika  jalur untuk promosi itu sudah ada, tinggal  bagaimana pemerintah daerah mampu meningkatkan potensi lokal dalam rangka pengembangan UMKM di Kabupaten Mahulu.

“Saya kira ini perlu penguatan perekam- perekam untuk Badan Usaha Milik Kampung (Bumka) di Kabupaten Mahulu agar dapat berpartisipasi dalam UMKM dan koperasi dan sebagainya” tuturnya.

Untuk itu Stepanus Madang   mengharapkan agar OPD terkait dapat bekerjasama dengan baik.  “Kata kuncinya adalah teamwork, artinya kerja sama semua pihak.  Dan artinya beberapa OPD teknis yang sesuai tupoksinya saling bersinergi, misalnya untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah ( Ekrafnas) ada di Dinas Pariwisata, tapi Bumka ada di DPMK. Beberapa OPD  ini perlu saling sinergi untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kemauan potensi Usaha kecil menengah di kampung, kecamatan dan kabupaten  termasuk Bumka,” harapnya. (HMS/tha/td).