Sekilas Desa Budaya Pampang, Miniatur Kehidupan Tradisi Dayak Kenyah

DESA Budaya Pampang sangat populer tidak saja oleh kalangan masyarakat Dayak sendiri, tetapi juga oleh masyarakat non Dayak, terutama para wisatawan domestik dan manca negara.
Suku Dayak Kenyah adalah suku mayoritas yang mendiami Desa Budaya Pampang.
Status Desa Budaya bagi Desa pampang sudah ditetapkan sejak tahun 1991.

Desa ini masuk dalam wilayah administratif Kota Samarinda, Ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Letaknya 23 KM di sebelah utara pusat Kota Provinsi Kaltim, Samarinda.
Pagelaran atau festival Budaya adalah salah satu daya tarik desa budaya Pampang.Festival budaya ini secara rutin digelar setiap hari Minggu.

Namun, setiap tahun diselenggarakan juga festival tahunan pesta panen dan peringatan Hari Ulang Tahun Desa Budaya Pampang.
Beragam pertunjukan dan atraksi seni budaya khas suku Dayak Kenyah ditampilkan di setiap pagelaran budaya.

Selain dapat menyaksikan pagelaran budaya, wisatawan juga dapat menikmati keunikan arsitektur artistik Dayak pada bangunan lamin adat, rumah warga, serta ukiran dan kerajinan tangan Dayak Kenyah lainnya.
Desa Budaya Pampang juga menjadi simbol miniatur kehidupan masyarakat Dayak pada umumnya.

Hal tersebut tercermin dari tradisi cara berpakaiannya yang tetap mempertahankan tradisi para leluhur, tato yang melekat pada tubuh, serta sehari-hari seperti merawat alam sekitar, bercocok tanam, dan interaksi sosial sesama warga.

Jika kamu ingin lebih jauh mengenal Desa Budaya Pampang, baiknya kamu berkunjung langsung ke desa ini.
Kondisi Jalan menuju Desa Budaya Pampang sudah sangat bagus, bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Jadi jangan ragu ajak keluarga dan teman-teman berwisata ke tempat ini.