Momentum Hari Sumpah Pemuda, Anggota DPD RI Zainal Arifin Ajak Pemuda Bersatu Membangun Indonesia

TUYANGISSUE.ID, KALTIM- Momentum peringatan Sumpah Pemuda yang ke-93 pada hari ini, 28 Oktober 2021, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Kalimantan Timur (Kaltim) Zainal Arifin mengajak seluruh Pemuda Indonesia bersatu berjuang bersama untuk kemajuan Indonesia.

” Peran pemuda sangat signifikan dalam kemajuan suatu bangsa. Jadikan   momen sumpah pemuda sebagai perekat persatuan bangsa dan motivasi untuk berperan dalam pembangunan” pesannya.

Zainal Arifin yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kaltim mengingatkan, saat ini konsentrasi bangsa sedang  tertuju kepada percepatan kekebalan imunitas nasional dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Disinilah  pemuda harus menunjukkan peran dan partisipasinya dengan menyukseskan program pemerintah ini. Pemuda diharapkan bisa berperan sebagai sumber daya potensial yang dapat mendukung kinerja Pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi

“Semua warga negara, khususnya pemuda harus bersatu membantu pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi ini” harapnya, seraya mengatakan bahwa kesuksesan pemerintah dan masyarakat dalam menangani Covid -19, akan berdampak positif bagi pemulihan ekonomi nasional.

Zainal juga menegaskan bahwa pemuda Indonesia harus bisa memberi dampak positif bagi kemajuan bangsa, salah satunya dengan tekun menempuh pendidikan, agar ke depan tercipta SDM yang unggul dan berkualitas.

Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif pada  peningkatan daya saing, kemandirian bangsa dan    pembangunan nasional.

Menyikapi tumbuhnya kewirausahaan di kalangan pemuda, ia melihat  saat ini ada banyak pemuda yang menjadi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Semangat itu  harus terus digerakkan dan dibangkitkan agar lahir wirausaha-wirausaha  muda yang kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing.

“Saya harap pemuda harus tekun melakukan hal tersebut, dan kami sebagai tokoh masyakat juga terus berupaya mengelola program yang dapat mendukung pengembangan kewirausahaan  di Kalangan Pemuda” jelasnya.

Ia mengatakan, urusan kewirausahaan pemuda memerlukan sinergitas yang kuat antar banyak pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, industri, akademisi, hingga masyarakat perlu berkolaborasi dan duduk bersama. Maka itu sangat penting semangat persatuan dan kebersamaan seluruh komponen bangsa, termasuk pemuda, agar negara dapat membangun semua sektor kehidupan.

“Melalui momentum Sumpah Pemuda yang ke- 93 hari ini. Mari kita semua, termasuk Pemuda Indonesia bersatu berjuang bersama untuk kemajuan  Indonesia” pungkasnya.(*)