Malinau Potensi Pertanian Nasional

Potensi pertanian di Kabupaten Malinau luar biasa melimpahnya. Sebuah anugerah dari Tuhan YME.

Sore tadi kami meninjau dua lokasi pertanian di Malinau. Yaitu di Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota dan Desa Kaliamok, Kecamatan Malinau Utara.

Di masing-masing daerah itu, terdapat proyek pembangunan jaringan irigasi, tepatnya di Sei Bengalon dan Sei Kaliamok. Kita tahu bahwa sumber air area pertanian itu masih mengandalkan pasang surut air sungai.

Proyek ini tujuannya untuk meningkatkan infrastruktur jaringan irigasi di daerah potensial dan produktif pertanian. Yang pada gilirannya ke depan, kita harapkan mampu meningkatkan produksi pertanian, sekaligus mendorong kesejahteraan petani, serta mewujudkan ketahanan pangan di daerah kita.

Kami ingin memastikan proyek ini dibangun dengan keseriusan pihak-pihak yang terlibat agar dapat memberi manfaat jangka panjang.

Jangan sampai dikerjakan secara asal-asalan, tanpa mengutamakan kualitas dan manfaat jangka panjang tadi.

Kami juga telah menginstruksikan jajaran terkait khususnya Dinas PUPR Perkim untuk membuat rencana induk atau masterplan pengembangan infrastruktur kawasan pertanian di Desa Malinau Kota dan Desa Kaliamok. Mulai dari jaringan jalan, jembatan, dan irigasinya, serta pendukung lainnya.

Kenapa? Karena Kalimantan Utara, khususnya Kabupaten Malinau berpeluang besar menjadi andalan pertanian nasional.

Kita lihat lahan pertanian di Pulau Jawa sudah hampir hampir habis. Di Pulau Sulawesi juga semakin menipis.

Dan yang berpeluang untuk menjadi penopang pertanian nasional adalah Kalimantan Utara, yang termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Malinau.

Apalagi kita ketahui bersama, Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi potensi besar bagi Kalimantan Utara untuk menopang dari sektor pertaniannya.

Dan, jika jalan dari Malinau ke Krayan sudah tembus, kita berpeluang juga memenuhi kebutuhan pangan negara tetangga kita, Malaysia.

Maka itu, sejak sekarang kita siapkan sektor pertanian kita dan infrastruktur pendukungnya dengan baik dan terkonsep dengan baik pula. (BIROADPIM PEMPROV KALTARA)

 

Baca Juga : Ragam Kuliner Khas Dayak