Dr Marthin Billa MM: Taman Nasional Kayan Mentarang Potensi Wisata Bernilai Tinggi

TUYANGISSUE.ID,KALTARA – Anggota DPD RI Dr Marthin Billa MM menyambut baik rencana  Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A Paliwang yang akan meningkatkan anggaran pembangunan  sektor kepariwisataan  di Kaltara.

Gubernur Kaltara sendiri mengakui bahwa anggaran pembangunan Pariwisata untuk tahun anggaran 2021 masih sangat kecil, Ia berjanji akan  meningkatkannya di tahun 2022.

“Patut diapresiasi komitmen Bapak Gubernur Kaltara yang akan membangun potensi pariwisata di Kaltara. Bisa kita dengar sendiri bahwa Beliau akan meningkatkan anggaran pembangunan sektor pariwisata  pada APBD Kaltara tahun 2022 nanti,” terang Marthin Billa pada  acara siaran perdana TVRI Kaltara bersama  Gubernur kaltara Zainal A Paliwang “Membangun Perbatasan Untuk Indonesia Tangguh”.

Dalam kesempatan itu, Marthin Billa  mengingatkan kembali bahwa Kaltara memiliki potensi wisata alam, wisata bahari dan wisata budaya yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah wisata alam (ekowisata)  Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM). Saking indah kawasan taman nasional itu,  bila dilihat dari udara atau pesawat, nampak  seperti karpet hijau yang sangat tebal dan tiada habisnya.

Kawasan hutan primer dan skunder seluas 1,35 juta hektar itu  merupakan  kawasan konservasi alam terluas di Asia Tenggara.Di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati dan warisan budaya yang bernilai tinggi. TNKM juga merupakan habitat bagi banyak jenis satwa dilindungi seperti banteng, beruang madu, trenggiling, macan dahan, landak, gajah kalimantan dan rusa sambar. Termasuk beragam burung   jenis baru,   jenis endemik dan  jenis yang hampir punah, diantaranya yang menarik adalah  jenis Enggang, Kuau Raja, Sepindan Kalimantan dan jenis-jenis Raja Udang.

“Taman Nasional Kayan Mentarang ini potensi wisata bernilai tinggi dan merupakan  anugerah dari Tuhan yang patut disyukuri dan harus dijaga sebaik-baiknya  oleh seluruh masyarakat Kaltara. Dan, saya sangat  bangga karena Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara pun memiliki kepedulian dan keseriusan  yang sama untuk membangun  sektor pariwisata ini” ungkapnya.

Menurutnya,  pembangunan  pariwisata itu pada dasarnya  bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Banyak dampak positif yang bisa dirasakan tidak saja oleh masyarakat itu sendiri namun juga pemerintah daerah. Maka itu, tepat rasanya, jika Pemprov Kaltara  menempatkan pembangunan pariwisata sebagai salah satu sektor prioritas.

Kedepan, ia yakin, dengan kepemimpinan Zainak A Paliwang dan Yansen TP, pengelolaan  pariwisata Kaltara tidak lagi dibiarkan apa adanya, namun benar-benar dikelola secara serius dan terarah.(*)

Baca Juga : Dr Marthin Billa MM : Sinergitas dan Kebersamaan Kunci Utama Keberhasilan Pembangunan Kaltara