Dr Marthin Billa MM : Sinergitas dan Kebersamaan Kunci Utama Keberhasilan Pembangunan Kaltara

TUYANGISSUE.ID, KALTARA – Sinergitas dan kebersamaan merupakan  kunci utama   keberhasilan dan terwujudnya pembangunan di  Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

“Saya berharap semua masyarakat, baik pemerintah kabupaten/Kota, DPRD dan semua  stakeholder yang ada di Kaltara bersama-sama dan saling mendukung apa yang menjadi program pembangunan Gubernur Kaltara  saat ini, dalam rangka wewujudkan Kaltara yang  lebih maju dan sejahtera,” kata anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI)  Dr Marthin Billa MM, saat menjadi narasumber  bersama Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang, dalam acara   siaran  TVRI Kaltara, dengan tema “Menjaga Perbatasan Untuk Indonesia Tangguh”, Minggu, (25/10).

Menurut Marthin Billa, sebagai provinsi termuda atau ke-34 di Indonesia, Provinsi Kaltara memiliki tantangan  yang cukup berat dan beragam, dengan karakteristik wilayahnya yang berbeda  dengan daerah lain.

Selain memiliki wilayah laut atau pantai yang cukup luas,  Provinsi Kaltara juga memiliki wilayah perbatasan dan wilayah pedalaman. Dimana semua wilayah itu,  harus terjangkau dan tersentuh  oleh pembangunan secara merata dan  berkeadilan.

Oleh karena itu, masyarakat harus  memahami persoalan tersebut bahwa tantangan yang dihadapi pemerintah daerah itu  tidaklah  mudah. Masyarakat harus  bersabar,  pembangunan yang dilaksanakan tidak bisa sertamerta terlaksana dalam sekejap, semuanya harus berproses dan dikerjakan  bertahap. 

Maka itu,  kuncinya adalah dukungan seluruh masyarakat Kaltara. Hanya dengan kebersamaan dan dukungan seluruh stakeholder yang ada,  ia yakin pembangunan yang diprogramkan oleh Pemprov Kaltara akan berjalan dengan baik.

Lebih jauh, ia mengatakan, dukungan pemerintah pusat juga sangat penting untuk mempercepat  pembangunan infrastruktur di Kaltara. Ibarat anak bungsu yang masih kecil, maka sepantasnyalah  pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan  di Kaltara agar provinsi bungsu ini kelak sejajar dengan kakak-kakaknya provinsi lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Bina Petani, Anggota DPD RI Marthin Billa Panen Cabai Bersama Gubernur Kaltara

Dr Marthin Billa yang juga Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) ini merasa   yakin dengan kepemimpinan   Gubernur Kaltara saat ini  untuk membangun masyarakat Kaltara. Ini bisa dilihat  dari semangat  gubernur  yang sering turun  ke masyarakat  dan melihat langsung kondisi dan persoalan yang ada  di lapangan.

Sebagai  anggota DPD RI dapil Kaltara, ia pun   sangat mendukung apa yang telah  diprogramkan oleh  Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang saat ini. Ia melihat semua program-program  itu  sangat bermanfaat dan prioritas  bagi masyarakat. ” Kita bersama teman-teman lainnya anggota  DPR dan DPD Dapil  Kaltara  akan memperjuangkan program-program pembangunan tersebut ke pemerintah pusat “terangnya.

Terkait dengan HUT Kaltara yang ke-9, Marthin Billa berharap agar semangat membangun baik yang dimiliki  pemerintah daerah, DPRD maupun masyarakat terus diperbahurui komitmennya, agar  selaras dengan semangat dan jiwa membangun daerah yang dimiliki Bapak Gubernur Kaltara, ” Dengan semangat  membangun daerah dan menjiwai pembangunan ini, saya yakin Kaltara akan maju dan sejajar dengan  provinsi lainnya di Indonesia” Pungkasnya(*)

Baca Juga : Anggota DPD RI Marthin Billa Apresiasi Hadirnya Stasiun TVRI di Kaltara