Lagi, Desa Budaya Dayak Kenyah di Lung Anai

Lamin Adat Desa Lung Anai, Foto: CNNindonesia

KALTIM – Desa Lung Anai berada di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Letaknya lebih dari 30 kilometer dari Kota Tenggarong dan berada di antara perbukitan.Mayoritas penduduknya dihuni oleh warga suku dayak Kenyah lepoq Jalan.

Suku Dayak Kenyah Lepoq Jalan sendiri menurut tetua adat berasal dari satu daerah di Malinau, Kalimantan Utara, tepatnya dari Desa Apau Kayan. Mereka saat ini bermukim di sekitar 20 desa di sekitar Kalimantan Timur. Namun komunitas yang terbesar berada di Lung Anai.

Menurut catatan sejarah, komunitas Dayak Kenyah Lapoq Jalan mulai datang ke Lung Anai pada kisaran tahun 1960-an saat Indonesia sedang gencar-gencarnya mengumandangkan perang dengan Malaysia.

Status desa budaya Lung Anai ditetapkan Pemkab Kutai Kartanegara pada tahun 2007.

Seperti biasa, kegiatan budaya masyarakat Dayak selalu dipusatkan di Lamin  adat  Desa Lung Anai. Bangunan yang terbuat dari kayu itu biasanya digunakan untuk melakukan ritual atau upacara adat. Salah satunya, pesta panen yang diadakan setiap Bulan Mei.

Setiap pesta panen, warga Lung Anai membuat undrat, yaitu makanan yang terbuat dari beras yang sudah dihaluskan dan dibakar di dalam bambu. Semua tamu yang datang saat pesta panen wajib mencicipinya sebagai tanda bersyukur atas hasil panen yang sudah mereka dapatkan.

            Baca Juga : Desa Budaya Lekaq Kidau

Saat pesta panen, warga mempraktekan cara membuat undrat. Mulai dari menumbuk, mengayak, hingga memasaknya. Semua dilakukan secara langsung

Pesta panen juga diselingi tarian. Salah satu yang paling penting adalah tarian hudoq kitaq dan hudoq kiba. Tarian menggunakan topeng itu bertujuan untuk mengusir hama, penyakit, dan roh jahat yang mengganggu warga dalam menjalani kehidupannya

Tak hanya orang dewasa yang dilibatkan ketika upacara adat, anak-anak juga harus ikut serta. Meski sulit, sebagai desa budaya, Lung Anai harus bisa menggerakkan generasi mudanya untuk mempertahankan budaya mereka, khususnya Budaya Suku Dayak Kenyah.(*)