Desa Budaya Lekaq Kidau

Desa Lekaq Kidau, Lamin Amin Pemung Tawai, Foto; Aang Gunaifi

KALTIM –Lekaq Kidau adalah sebuah desa yang berada dalam wilayah administratif Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai negara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Desa ini  disahkan di tahun 2004 dengan penduduknya yang beragam dan mayoritas Suku Dayak Benuaq.

Jarak antara ibu kota Kukar, Kota Tenggarong ke Desa Likaq Kidau hanya 26 Kilometer saja, namun karena akses darat belum sepenuh dapat dilalui maka selama ini masyarakat menggunakan transportasi sungai dengan waktu ditempuh sekitar 4 jam. Kelak jika  jalan darat telah diaspal maka jarak tempuh dari kota Tenggarong ke Desa Lekaq Kidau hanya 30 menit saja.

Desa ini memiliki 154 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk 685 jiwa, dimana mayoritas warganya berkerja sebagai  petani.Masyarakt desa Lekaq Kidau masih mempertahankan melestarikan seni budaya dan tradisi adat. Akvititas bertani dilakukan dengan mempertimbangkan ritual adat, mulai dari membuat ladang, membuka lahan dan hingga panen. Pentas tari dan gelar budaya lainnya di Lamin Amin Pemung Tawai sering dilakukan masyarakat ketika menyambut dan merayakan acara-acara tertentu, seperti pernikahan, keagamaan dan penyambutan tamu.

Buat kamu yang ingin menambah wawasan budaya Dayak, Desa Lekaq Kidau dapat kamu masukan dalam list destinasi wisata kamu tahun ke wilayah Kalimantan Timur.(*)

Baca Juga: Pehelung Ka’uh Tupuh Duman Lebau