Desa Budaya Bena Baru, Warga Dayak Kenyah Badeng di Kabupaten Berau

Salah Satu Pertunjukan Budaya Pesta Panen di halaman Balai Adat Bena Baru

BENA BARU  merupakan sebuah desa di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Mayoritas penduduknya adalah dari suku Dayak Kenyah Badeng.

Awalnya masyarakat Dayak Kenyah di Bena Baru ini, berasal dari masyarakat Kenyah Badeng di Long Bena, Pujungan, Apau Kayan. Sekitar tahun 1980 hingga 1982, mereka bermigrasi dari Long Bena menuju sungai Kelay, Kabupaten Berau, dengan tujuan agar warga mendapat akses kesehatan dan meningkatkan kehidupan ekonomi mereka, serta yang paling utama adalah anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Mayoritas masyarakat di desa ini berprofesi sebagai petani dan membuat kerajinan tangan khas Dayak Kenyah.

Meski sekarang anak-anak mereka banyak yang telah bergelar sarjana dan ekonomi masyarakat mereka telah meningkat, namun kehidupan tradisi budaya dan kesenian daerah masih tetap dijaga dan diletarikan.

Mereka sangat menjunjung tinggi hukum adat dan tradisi budaya yang turunkan dari nenek moyang. Arsitektur, ukiran dan ornamen khas Dayak Kenyah masih terlihat pada bangunan rumah adat, rumah warga dan fasilitas desa lainnya.

Acara-acara adat dan budaya, seperti pesta panen, pertunjukan kesenian, tarian, alat musik tradisional kerap ditampilkan oleh warganya.

Para wisatawan yang datang akan merasakan keramahan warga, dan dapat menyaksikan beragam atraksi kesenian dan pertunjukan budaya khas suku Kenyah di Balai Adat Bena Baru.

Oleh: Amai Kule

Baca Juga : Pehelung Ka’uh Tupuh Duman Lebau