Bulungan Bakal Gelar Festival Sungai Kayan

TUYANGISSUE.ID – Bupati Bulungan Syarwani bakal menggelar Festival Sungai Kayan pada perayaan Birau tahun ini. Pelaksanaan festival dijadwalkan pasca perhelatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61 Kabupaten Bulungan dan hari jadi Tanjung Selor yang ke-231, yaitu pada 16-17 Oktober 2021 mendatang.

Syarwani yang juga ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI ) Bulungan mengatakan, Festival Sungai Kayan bakal dimeriahkan dengan sejumlah perlombaan tradisional, seperti balap perahu dan lainnya.

Tak hanya memberikan hiburan untuk masyarakat, dalam pelaksanaannya dipastikan juga akan menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang ada di pinggir Sungai Kayan.

“Insya Allah acaranya jadi. Itu setelah hari ulang tahun, 12 Oktober. Pastinya dalam festival itu, utamanya pada lomba di sungai, seperti balap ketinting,” ujarnya.

Menurut Syarwani, agenda tersebut menjadi sarana mengobati kerinduan masyarakat Bulungan, yang sejak lama hampir tak pernah ada lagi keramaian yang digelar saat peringatan hari jadi.

“Kerinduan masyarakat juga sudah sangat terasa, mudah-mudahan bisa berjalan lancar lah,” kata bupati.

Berkaca dari pengalaman, peringatan Birau pada hari jadi Bulungan dan Tanjung Selor, tak lepas dari kesan kemeriahan.

Di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini, dipastikan pagelaran bakal menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

“Prokes ketat harus tetap dijalankan. Untuk upacara akan digelar di halaman Kantor Bupati Bulungan. Kita juga akan menghadirikan tokoh masyarakat serta mantan Bupati Bulungan,” ungkapnya.(*)