Beragam Makna Hari Sumpah Pemuda ke-93 Dari Pemuda Dayak

TUYANGISSUE.ID – Hari ini tepat 93 tahun “Sumpah Pemuda” diikrarkan oleh para pemuda Indonesia, 28 Oktober 1928.

Momentum itu  menjadi salah satu titik balik perjalanan bangsa Indonesia menuju Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Warga Dayak yang merupakan penduduk asli Kalimantan, yang menjadi bagian dari negara Indonesia pun hingga kini menghadapi berbagai persoalan dan tantangan  sebagai dinamika dari bagian sebuah bangsa.

Dalam memaknai  Sumpah Pemuda hari ini, mereka tentu memiliki pandangan dan pendapat yang tak berbeda  dengan warga lainnya yang berada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tuyang Issue telah menghimpun beberapa postingan teman- teman Pemuda Dayak dari berbagai  group facebook warga Dayak dalam menyambut peringatan Sumpah Pemuda ke 93 hari ini.

Josefina (Kaltim)

Met Hari Sumpah Pemuda ke-93 ‘Bersatu, Bangkit dan Tumbuh’Indonesiaku.

Pemuda Dayak harus berkemauan dan berkemajuan dalam enterpenuership dan kewirausahaan..agar dapat membuka lapangan kerja yg lebih luas tuk kemajuan warga Dayak

Vivid Lingan (Kaltim)

Bersatu, Bangkit dan Tumbuh Indonesia. Ingat ikrar dan komitmen Sumpah Pemuda 93 tahun lalu.

Pemuda Dayak harus lestarikan  adat dan budaya Dayak, sebagai warisan leluhur dan bagian indentitas Indonesia. Jadikan adat dan budaya  itu sebagai bagian norma kehidupan masyarakat di bumi Borneo

Alisson Baya (Kaltara)

Hari sumpah pemuda ini momentum bagi pemuda Dayak untuk bersama-sama  pemerintah dan masyarakat membangun Kalimantan yang sejahtera  dan beradat.

Bersatu lah wahai pemuda Dayak, bersatu menjadi hanya satu tujuan dalam satu komando menuju persatuan bangsa Dayak.

Jhon (Kalteng)

Semoga pemuda Dayak Borneo bisa bersatu termasuk ormas2 yg terdiri dari berbagai komponen suku daya yg ada di pulau Borneo, supaya bisa menyatukan org2 Dayak se Borneo jgn saling tindih.

Dari diposting teman-teman pemuda Dayak di atas, pada prinsip narasi yang disampaikan lebih menekankan makna  kesejahteraan, kesempatan dan persatuan sesama warga Dayak dalam mempertahankan  identitas Dayak sebagai bagian dari identitas nasional.

Dengan peringatan Sumpah Pemuda yang ke 93 hari ini, semoga warga Dayak dapat ‘Bersatu, Bangkit dan Tumbuh’. Bersatu dalam keragaman, Bangkit melawan pandemi COVID19 dan Tumbuh mewujudkan kesejahteraan ekonomi dengan semangat kewirausahaan.(*)