Batik Malinau Didorong Tembus Pasar Nasional dan Internasional

TUYANGISSUE.ID – Pemkab Malinau mendorong pengrajin batik Malinau agar dapat meningkatkan kualitas dan inovasi motif produknya, agar bisa bersaing dan menembus pasar nasional dan internasional.

“Makanya, kualitasnya mesti dipertahankan dan ditingkatkan. Walaupun harganya terlalu mahal, tetapi tidak menjadi persoalan. Karena pondasi awalnya kualitas, mutu, serta inovasi motif yang terus dikembangkan,”kata Bupati Malinau Wempi W Mawa , Kamis (7/10/2021).

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kaltara Dr. Yansen TP pun sangat mendukung pengembangan industri kerajinan batik Malinau. Maka itu, Wempi berharap pengrajin batik Malinau memanfaatkan dukungan itu dengan sungguh-sungguh dengan meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk batiknya, termasuk kreatifitas motif atau seni di kain batik tersebut.Ia optimistis batik Malinau akan bisa bersaing, bukan hanya di lokal tetapi merambah ke tingkat nasional dan internasional.

Menurut Mantan Ketua KNPI Malinau itu, produk batik Malinau telah menjadi identitas daerah. Tidak saja digunakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Malinau dan Pemprov Kaltara saja tetapi masyarakat secara luas.

“Kita bisa lihat dari kegiatan-kegiatan masyarakat, mereka bangga menggunakan batik lokal,” ujarnya. Sekarang, lanjutnya, tinggal komitmen pelaku pengrajin batik untuk mengeksistensikan dan berinovasi dengan produk batik andalan Malinau tersebut.

“Apalagi pemerintah daerah (pemkab) dan pemerintah provinsi sudah memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk bersaing dengan batik-batik di luar daerah,” jelasnya.

Baca Juga : Olahraga Tradisional dan Sport Tourism