4 Tarian Dayak Kenyah Populer

Tarian-tarian Suku Dayak biasanyan didasari  fenomena alam dan realitas kehidupan. Masyarakat Dayak sangat  akrab  dengan hutan dan sungai. Oleh karena itu   hutan dan sungai sangat dijaga demi keberlangsungan dan keseimbangan  ekosistem di dalamnya.

Maka itu, setiap tarian yang dipertunjukan memberikan  makna dan  pesan moral kehidupan serta menjunjung kebudayaan adat yang kuat.

Demikian halnya tarian Dayak Kenyah, banyak diilhami oleh peristiwa alam. Selain itu,  tarian yang ditampilkan untuk  merayakan peristiwa penting.

Berikut ini 4 tarian Dayak kenyah yang populer dipertunjukan dalam pentas pentas seni tari.

Tari Kancet Lasan

Tari Kancet Lasan adalah tarian tunggal wanita yang bercerita keseharian Burung Enggang. Tarian ini lebih ditekankan pada gerak-gerak burung Enggang ketika terbang melayang dan hinggap bertengger di dahan pohon.Tarian ini juga sering dibawakan untuk menghormati atau meluhurkan nenek moyang.

Tari Hudoq

Tari Hudoq awalnya hanya dilakukan untuk upacara membuka lahan atau  menyambut tahun tanam maupun sebagai ucapan terima kasih kepada dewa.
Namun seiring dengan berjalannya waktu dan untuk melestarikan kebudayaan, tarian ini juga ditampilkan di acara penting lainnya.

Tari Kanjet Anyam Tali

Tarian yang dibawakan oleh banyak penari, bergerak berirama menyatukan tali yang berbeda warna.
Bentuk pesan, dalam Tari Kanjet Anyam Tali adalah nyanyian, gerakan dan penampilan.

Tari Bangen Tawai

Tarian ini biasa dibawakan oleh perempuan muda Suku Dayak Kenyah yang menggambarkan rasa syukur kepada Tuhan karena berkat melimpah.

 

Baca Juga : Sekilas Desa Budaya Pampang, Miniatur Kehidupan Tradisi Dayak Kenyah